Sabtu, 11 Agustus 2012

Perkembangan Sistem Operasi Berbasis GUI dan Text 2

PERKEMBANGAN SISTEM OPERASI DAN JENIS-JENISNYA

        Sistem operasi merupakan program yang dibuat untuk memaksimalkan kinerja sebuah komputer dalam pemanfaatan perangkat kerasnya (hardware). Sistem operasi melakukan tugas seperti mengirim inputan yang kita masukkan dengan mengetik pada keyboard, menampilkan output nya pada layar monitor dan bahkan menjaga file dan direktori tetap berada pada tempat penyimpanannya. Sebenaranya sangat banyak fungsi sistem operasi tetapi saya tidak bisa menyebutkannya disini satu persatu.



          Perkembangan sistem operasi sangat dipengaruhi oleh perkembangan perangkat keras dan sistem operasi mulai dikembangkan sekitar 70 tahun yang lalu mulai dari hanya bisa melakukan operasi sederhana yang berupa penjumlahan, pengurangan dan perkalian, hingga sekarang bisa melakukan banyak pekerjaan dan digunakan dalam berbagai bidang kehidupan.



PERKEMBANGAN SISTEM OPERASI
 
          Perkembangan sistem operasi dibagi menjadi beberapa generasi komputer, karena perkembangan sistem operasi sangat bergantung pada perkembangan perangkat keras komputer.

1. GENERASI PERTAMA
          Generasi pertama berlangsung dari tahun 1945 sampai 1955. Pada generasi ini sistem operasi belum lahir karena ini merupakan era awal perkembangan sistem komputansi elektronik yang sebelumnya menggunakan sistem komputansi mekanik, jadi pada era ini sistem komputer diberi instruksi yang harus dikerjakan langsung.

2. GENERASI KEDUA
           Generasi kedua berlangsung dari tahun 1955 sampai 1965. Pada era ini muncul batch processing system yang berarti sebuah pekerjaan harus dieksekusi secara berurutan dalam suatu rangkaian. Pada tahap ini sudah muncul fungsi sistem operasi seperti FMS, yang merupakan sistem ringan tapi efektif untuk pemrograman essembler, dan IBSYS, yang merupakan program monitor dasar.

3. GENERASI KETIGA
           Generasi ketiga berlangsung dari tahun 1965 sampai tahun 1980. Pada generasi ini sudah ada sistem operasi multi-user dan multi-programming sehingga fungsi komputer menjadi lebih luas dan mencapai tahap sudah bisa online. 

4. GENERASI KEEMPAT
           Generasi keempat berlangsung pasca tahun 1980-an. pada generasi ini pengguna sudah bisa menggunakan komputer berbasis Graphical users interface, yang merupakan tampilan interface komputer yang berbasis grafis yang sudah sangat nyaman digunakan. Sistem operasi pada era ini pun sudah bisa digunakan untuk jaringan yang tidak terpusat di hanya satu titik, tetapi tersebar di banyak komputer sehingga kinerjanya lebih maksimal.  
          


JENIS-JENIS SISTEM OPERASI
  1. MULTIUSERS:  mengijinkan lebih dari satu pengguna untuk menjalankan program dan  bahkan beberapa sistem operasi dapat dijalankan sekaligus oleh ratusan orang.
  2. MULTIPROCESSING:  mengijinkan berjalannya program untuk beberapa CPU.
  3. MULTITASKING:  mengijinkan beberapa program untuk berjalan bersamaan.
  4. MULTITHREADING: engijinkan bagian berbeda dari program untuk berjalan bersamaan.
  5. REAL TIME: pada operasi sistem bertipe ini dapat merespon inputan secara cepat








0 komentar:

Poskan Komentar